Social networking atau sering disebut
dengan situs jejaring sosial merupakan website yang memiliki fungsi
sebagai media interaksi sosial dengan jaringan pertemanan yang
ditambahkan dalam account.
Saat
ini, social networking yang paling diminati dikalangan masyarakant
adalah facebook dan twitter. Dengan tercatat sebanyak 500juta pengguna
facebook dan 200juta pengguna twitter di dunia.
Dengan
adanya facebook dan twitter menjadi situs jejaring sosial yang paling
popular telah membuka pintu bagi perusahaan sebagai peluang dan
kepentingan bisnis mereka. Perusahaan perusahaan tampaknya menyadari
bahwa terdapatnya keuntungan dari perkembangan situs jaringan ini.
Tetapi apabila kita berbicara mengenai keuntungan dari penggunaan situs
jejaring, keuntungan itu adalah bagaimana perusahaan bisa menempatkan
dan menyebarkan informasi tentang produk ataupun jasa sehingga informasi
tersebut diakses oleh orang banyak, hal ini dapat disebut sebagai
marketing strategy. Selain keuntungan, penggunaan media ini memliki
kerugian juga yang dapat berdampak seperti resiko reputasi dimana suatu
perusahaan akan memiliki image yang buruk.
Setiap
perusahaan selalu mencari jalan untuk memasarkan produk dan jasa serta
bisnis mereka dengan target yang meliputi pemilik bisnis, pengusaha,
manajer penjualan, pemasaran pribadi, siapapun yang mencari pekerjaan,
dll. Sehingga perusahaan menggunkan facebook dan twitter sebagai
penunjang bisnis mereka.
Berikut penjelasannya,
Manfaat Social Networking facebook dan Twitter untuk bisnis:
-
Merupakan sebuah media dan diakses oleh jutaan pengguna
sehingga sudah memiliki pangsa dalam memasarkan produk dan jasa dan bisa
menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan.
-
Merupakan salah satu titik intersepsi potensial untuk
membangun hubungan anatara produsen dan konsumen dikarenakan adanya
proses komunikasi dengan cara information broadcast dan bisa menggunakan
metode upload gambar, event dan pesan text.
- Memiliki fitur update status dan comment sehingga bisa digunakan sebagai sebuah media untuk proses benchmarking.
-
Dapat mengumpulkan informasi dari perusahaan-perusahaan yang
lain yang menggunakan media social networking ini sebagai media
pemasarannya, bagaimana perusahaan tersebut mempromosikan produk/jasa
dan kondisi perusahaan tersebut.
Kerugian menggunakan media social networking seperti facebook dan twitter, adalah:
- Dapat mempengaruhi reputasi suatu perusahaan.
-
Memerlukan proses identifikasi perusahaan ataupun pelanggan
dikarenakan facebook dan twitter sebenarnya digunakan sebagai media
social networking.
Dari
manfaat dan kerugian seperti diatas, diperlukan adanya pemahaman yang
lebih jauh seperti apa strategy marketing dan manajemen dalam
memasarkan produk ataupun jasa, dan perlu adanya knowledge atas
batasan-batasan yang ada pada facebook dan twitter sehingga perusahaan
dapat berhati-hati dalam membuat suatu keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar